Pengertian Metamorfosis

Selamat malam sob :). Gimana kabarnya nih? Pasti baik bukan?. Saya akan berbagi ilmu tentang "Pengertian Metamorfosis". Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang metamorfosis ini sob. Metamorfosis ini pertama saya ketahui pada saat pelajaran IPA di kelas sob. Disana guru menerangkan banyak tentang macam-macam metamorfosis pada hewan.



Metamorfosis adalah suatu perubahan individu mahluk hidup dari telur sampai menjadi dewasa yang sempurna dengan mengalami perubahan bentuk morfologi,anatomi bahkan fisiologis atau suatu proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan. Perubahan fisik itu terjadi akibat pertumbuhan sel dan differensiasi sel yang secara radikal berbeda.
Beberapa serangga, amfibi, mollusca, crustacea, echinodermata, dan tunicata mengalami proses metamorfosis, yang biasanya (tapi tidak selalu) disertai perubahan habitat atau kelakuan. Metamorfosis biasanya terjadi pada fase berbeda-beda, dimulai dari larva atau nimfa, kadang-kadang melewati fase pupa, dan berakhir sebagai imago dewasa.


metamorfosis utama pada serangga umumnya ada 2 jenis yaitu:  hemimetabola dan holometabola.

1. Metamorfosis tidak sempurna (Hemimetabola)
Metamorfosis tidak sempurna adalah metamorfosis yang melalui tahap telur yang menetas menjadi nimfa, kemudian tumbuh dan berkembang menjadi imago (dewasa). Contoh hewan yg mengalami metamorfosis hemimetabola: kucing. ayam, belalang, kecoak, dan lain lainnya.
Contoh gambar:



2. Metamorfosis sempurna (Homometabola)
Pada holometabola, larva sangat berbeda dengan dewasanya. Serangga yang melakukan holometabola melalui fase larva, kemudian memasuki fase tidak aktif yang disebut pupa, atau chrysalis, dan akhirnya menjadi dewasa (imago). Holometabola juga dikenal dengan metamorfosis sempurna. Urutan proses metamorfosis sempurna ialah telur–larva–pupa–imago (dewasa). Contoh hewan yg mengalami metamorfosis homometabola: kupu-kupu, katak, nyamuk, lalat, dan lain-lain.

2 komentar:

Brigitta Mayori Puteri mengatakan...

Komen apa, ya? Errr... saran aja deh. Kalau ini dari web orang lain, cantumkan sumber, ya~!

#komen absurd

#komen gaje

#ditimpuk

#kabur

Salsyabilla Wilanda Ramlan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

Poskan Komentar

 

Pengetahuan Umum © 2008. Design By: SkinCorner